Beranda » Ziarah » Wisata Khas Ramadhan di Surabaya Wisata Religi Ampel

Wisata Khas Ramadhan di Surabaya Wisata Religi Ampel

T Diposting oleh pada 6 Maret 2018
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 171 kali

Jika ingin merasakan suasana yang sedikit berbeda dengan suasana Surabaya pada umumnya, Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih. Ketika sampai di kawasan ini, yang pertama kali terasa adalah suasana khas Timur Tengah yang begitu kental. Kawasan Ampel ini merupakan pertemuan berbagai etnis, yang didominasi oleh etnis keturunan Arab. Kawasan ini juga telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Wisata Religi Ampel

Terletak di bagian utara kota Surabaya, daerah ini juga dikenal dengan istilah Kampung Arab. Komunitas Arab telah menghuni kawasan ini sejak berabad-abad silam, yaitu ketika para musafir yang berasal dari Hadramaut datang ke Pulau Jawa. Kawasan inilah yang menjadi saksi awal mula perkembangan Islam di Nusantara. Ampel ini dulunya dihuni oleh banyak sekali etnis. Namun, pada masa kolonialisme Belanda, masyarakat keturunan Arab dipaksa untuk bermukim di sekeliling Masjid Sunan Ampel agar ajaran agama mereka tidak mengkontaminasi ajaran agama dari Belanda. Oleh Belanda, kawasan ini disebut Arabsche Kampatau Kampung Arab dan untuk mengawasi daerah tersebut, ditunjuklah satu orang yang bertindak sebagai Kapten Arab. Ketika penjajahan berakhir, masyarakat keturunan Arab yang sudah terlanjur kerasan tinggal di daerah tersebut memutuskan untuk tetap mendiami daerah tersebut. Inilah alasannya kenapa budaya Timur Tengah masih terasa sangat kental di daerah ini.

Di kampung Ampel Surabaya ini pula terdapat akulturasi budaya yang sangat kuat, antara komunitas Arab sebagai komunitas terbesar, dengan komunitas lokal seperti Madura dan Jawa dan komunitas pendatang lainnya, seperti China. Budaya-budaya ini bisa berbaur dengan mudah dengan adanya bahasa sehari-hari yang mereka pahami sebagai bahasa Kampung Arab.

Sunan Ampel

Salah satu tokoh yang dikenal umat Muslim di Tanah Jawa adalah Walisongo. Salah satu Walisongo yang dimakamkan di Surabaya adalah Sunan Ampel. Makam Sunan Ampel ini adalah saksi bisu perjuangan Islam di wilayah Jawa Timur. Mengunjungi Makam Sunan Ampel memang bukan hanya sekedar berwisata religi. Disini Anda bisa menikmati arsitektur masjid yang dibangun dengan gaya arsitektur perpaduan antara Jawa Kuno dan juga Arab.

Wisata Religi Sunan Ampel Jawa Timur

Masjid yang berada di Sunan Ampel ini juga dipercaya memiliki karomah tersendiri karena meski diserang penjajah berkali-kali akan tetapi Masjid Sunan Ampel ini tidak pernah mengalami kerusakan. Kayu-kayu jatinya tetap berdiri dengan gagah menopang tubuh masjid. Makam Sunan Ampel berlokasi di komplek makam yang berada di belakang Masjid Ampel. Anda akan melewati tiga gapura untuk menuju ke Makam Sunan Ampel ini.

Di Gapura pertama, penjaganya akan memberikan larangan untuk para pengunjung memotret Makam Sunan Ampel. Anda juga bisa menemukan makam para keluarga dan murid terdekatnya Sunan Ampel di kawasan Makam Sunan Ampel. Disekitar Makam Sunan Ampel juga terdapat makam yang lainnya, salah satunya adalah makam Mbah Shonhaji atau lebih dikenal dengan nama Mbah Bolong.

Untuk Makam Sunan Ampel sendiri terletak bersebelahan dengan makam Dewi Condrowati atau yang lebih dikenal dengan nama Nyai Ageng Manila, yaitu isti pertamanya Sunan Ampel. Masjid Agung Sunan Ampel, dahulu bernama Masjid Ampel Denta yang kini menjadi salah satu situs bersejarah. Mengenai pembangunan Masjid Ampel, ada yang menyebut dibangun pada 1396 Masehi ada juga menulis pada awal abad 14 (sekitar tahun 1421 Masehi).

Kawasan Arab Sunan Ampel

Selain masjidnya, daya tarik lain dari Wisata Religi Sunan Ampel yaitu perkampungan arabnya yang cukup terkenal. Kawasan ini berada di Jl Ampel Suci 45 dan Jl Ampel Masjid 53. Di Kampung Arab anda dapat menemukan pernak-pernik khas Arab seperti gamis khas arab, hijab, gelang, peci, air zam-zam dan lainnya. Khusus pada bulan Ramadhan, kawasan Wisata Religi Sunan Ampel ramai dikunjungi wisatawan umat Islam dari berbagai pelosok negeri.

Belum ada Komentar untuk Wisata Khas Ramadhan di Surabaya Wisata Religi Ampel

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

a Artikel Terkait Wisata Khas Ramadhan di Surabaya Wisata Religi Ampel

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk dan jasa kami.